Selamat Datang di Program Pendidikan S2 Farmasi




 

 

 

 

PROGRAM PASCASARJANA FARMASI

Program Studi Magister Farmasi (PSMF) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mulai beroperasi sejak semester gasal 2018/2019. Ijin resmi pengelolaan program studi diperoleh dari Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi RI dengan SK nomor 298/KPT/I/2018 tentang izin pembukaan program studi farmasi program magister pada universitas muhammadiyah Purwokerto di Kabupaten Banyumas yang diselenggarakan oleh persyarikatan Muhammadiyah.

GELAR KELULUSAN
Gelar kelulusan untuk wisudawan/wisudawati Program Studi Magister Farmasi UMP adalah Magister Farmasi (M.Farm).

FASILITAS PENDIDIKAN
Untuk mewujudkan visi dan misi sebagai pusat studi yang unggul, modern dan islami di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat strata 2 dalam ilmu farmasi, khususnya farmasi sains serta farmasi klinik administratif, PSMF UMP didukung oleh berbagai fasilitas yang terdiri atas dosen dengan kualifikasi minimal Doktor, ruang kelas yang nyaman, laboratorium yang lengkap, perpustakaan yang lengkap, unit kegiatan mahasiswa dan keagamaan, Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat (LPPM), lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) dan sarana pendukung lain yang diperlukan untuk memperlancar proses pendidikan mahasiswa program magister. Selain itu, kerjasama dengan lembaga lain baik di dalam maupun luar negeri dapat digunakan untuk  membantu kelancaran studi mahasiswa.

PUSAT PERHATIAN PENELITIAN TESIS
Pusat perhatian penelitian tesis pada program studi magister farmasi UMP berdasarkan implementasi farmakoekonomi untuk bidang farmasi sains maupun farmasi klinik dan administratif.

Peminatan masing-masing dosen adalah sbb:
 
PEMINATAN
PSMF UMP memiliki 2 minat utama yaitu
  1. Farmasi SainsMinat farmasi sains memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk mendalami ilmu kefarmasian khususnya penggunaan teknologi terbaru (nanoteknologi – bioteknologi) dalam bidang penemuan dan pengembangan produk obat serta evaluasi kehalalan sediaan farmasi dan makanan.
  2. Farmasi Klinik-Administratif dengan Minat farmasi klinik dan administratif memberikan peluan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk memperdalam ilmu farmasi klinik, meningkatkan keahlian klinik mahasiswa untuk dapat lebih berkompeten dalam menjalankan praktek pelayanan kefarmasian. Selain itu, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mendalami bidang farmasi sosial dan administratif, khususnya aplikasi Health Technology Assessment dalam proses pengambilan kebijakan di bidang kesehatan.